Cara Membuat Facebook Ads Lengkap



Ada satu cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk/jasa dengan hasil efektif. Kamu bisa memanfaatkan jasa iklan yang ditawarkan oleh Facebook bernama Facebook Ads. Berikut sekilah Facebook Ads dan cara membuat iklan di Facebook.
APA ITU FACEBOOK ADS?
Facebook Ads adalah bisnis iklan buatan Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktivitas online lain yang dilakukan pengguna di luar Facebook.

MANFAAT FACEBOOK ADS

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu memasang iklan melalui Facebook Ads.
PENARGETAN YANG EFEKTIF
Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar kamu bisa menayangkan iklan kepada target audiens yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan audiens yang mirip, dan sebagainya).
Facebook bisa memudahkanmu menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan. Mengapa mudah dipakai? Karena sudah dibuat untuk memandu kamu menyiapkan kampanye iklan. Cukup mengikuti beberapa langkah yang diajarkan, kamu sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger, baik pada layar ponsel maupun desktop. Kamu hanyaperlu mengatur preferensimu sesuai dengan kepentingan bisnismu.
Kamu juga dapat memasukkan pixel tracking ke halaman di website-mu agar dapat memperkirakan minat pengguna sehingga kamu dapat menargetkan iklan sesuai dengan pelanggan idealmu.
JANGKAUAN TARGET YANG LUAS

Traffic telfon seluler saat ini menjadi sangat penting karena penggunaan smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang, bahkan saat ini kita sedang dalam tahap berpindah ke 5G. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka, lihat saja orang-orang di sekitarmu. Kehadiran Facebook Ads ini pada akhirnya juga memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan akses ke audience selulermu sehingga pesan iklan yang kamu pasang pasti sampai di layar ponsel mereka.
Bicara soal Facebook, pengguna aktif per bulannya kini kurang lebih sudah mencapai lebih dari 2,41 miliar per 30 Juni 2019. Lebih dari 2,7 miliar pengguna mengakses aplikasi atau layanan dari anak perusahaan Facebook di smartphone setiap hari, dan angka ini terus bertambah. Jadi, Facebook Ads sepertinya menjadi salah satu media pemasaran produk yang layak kamu coba.
ANALISA LANJUTAN UNTUK PENARGETAN BERIKUTNYA
Facebook juga tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi conversion rate-mu dan bagaimana hasil metrik sosial lainnya, dengan Facebook Ads kamu bisa mengatur perencanaan iklan sesuai dengan yang kamu inginkan.
Saat mengelola halaman Facebook, kamu bisa mengakses data ini lewat tab “Insight” yang menunjukkan metrik seperti tayangan halaman, jangkauan postingan, interaksi, video, dan sebagainya. Kamu bisa mengecek metrik ini mulai dari satu hingga 28 hari terakhir. Selain itu, kamu juga bisa mengukur halamanmu dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan iklanmu.

















Visibilitas data ini benar-benar dapat membantu kamu menyesuaikan kampanye iklan sesuai dengan kebutuhan, dibandingkan hanya mencari tahu apakah itu efektivitas media yang kamu gunakan.

MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka beberapa kali sehari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah kamu pasang sebelumnya. Bahkan jika audiensmu tidak mengklik di awal, iklan tersebut bisa berpotensi membantumu membangun kepercayaan dengan membiarkan iklan tersebut selalu tayang dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, kamu juga bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.

MENINGKATKAN CTR (CLICK THROUGH RATE)
Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga meningkat terus. Mengapa? Karena Facebook meningkatkan tools periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat. Saat ini, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan audiens yang ingin kamu jangkau. Selain itu, audiens juga memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelanggan.

YANG PERLU DISIAPKAN SEBELUM BUAT FACEBOOK ADS?








Tujuan Bisnis
Tentukan tujuan bisnismu, pelajari lebih dalam agar bisa jadi bahan pertimbanganmu dalam melakukan penargetan iklan atau pembuatan kampanye yang tepat bagi jenis bisnismu. Kamu juga bisa mencari inspirasi dari halaman inspirasi sukses Facebook Ads yang telah tersedia.

PEMAHAMAN TENTANG TARGET PASAR BISNISMU

Kira-kira, seperti apa target audiens atau pasarmu? Tentunya kamu harus bisa menjawabnya. Kamu bisa membaginya berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau bahkan kelas ekonomi. Milikilah bayangan pasar khusus (biasa disebut niche market) saat kamu mulai mengembangkan bisnis. Nantinya, hal ini bisa memudahkanmu menetukan target pemasaran.
ANGGARAN UNTUK TARGET PROMOSI IKLAN
Jangan lupa tentukan anggaran yang ingin kamu keluarkan untuk melakukan kampanye dengan Facebook Ads. Kamu bisa menghitung gambaran besarnya terlebih dulu dan seiring berjalannya kampanye kamu bisa mengatur ulangnya lagi agar lebih spesifik sesuai pengalaman kampanye yang telah dijalankan pada periode pemasaran sebelumnya.
MEDIA FOTO/VIDEO SEBAGAI KONTEN IKLAN
Last but not least, siapkan media apa yang ingin jadi pendukung konten iklanmu. Jika kamu menggunakan gambar, perhatikan beberapa aturan atau batasan yang sudah ditentukan Facebook Ads.
CARA MEMBUAT FACEBOOK ADS
Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila kalau ingin memasang iklan lewat Facebook Ads!

Login ke Facebook Ads











Kunjungi website Facebook Ads dan klik “Buat Iklan.” Setelah itu, login menggunakan akun Facebook-mu yang digunakan untuk mengelola halaman iklan. Nanti kamu akan langsung menuju ke page Facebook Ads Manager. Jika halaman yang kamu buka bukan halaman pengaturan Facebook Ads, klik “Pusat Iklan” untuk mengarahkanmu ke langkah selanjutnya.
MULAI PROMOSIKAN IKLAN









Setelah sampai di halaman pengaturan Facebook Ads, klik panel “Promosikan” di sebelah kiri atas untuk menampilkan halaman pop-up yang menawarkanmu beberapa pilihan cara mengembangkan bisnis, seperti mempromosikan halaman, mempromosikan bisnis secara lokal, menambah pengunjung website, dan mendapatkan lebih banyak prospek. Kamu bisa meng-klik pilihan yang direkomendasikan, yaitu “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web.”






Persiapkan Materi Iklan








Pada halaman ini, isilah informasi terkait halamanmu. Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, akan semakin besar kemungkinanmu mendapatkan pengunjung website atau jangkauan yang kamu tuju. Pilih foto dengan kualitas terbaik yang mewakili produkmu, jangan blur atau terlalu gelap. Ingatlah bahwa nantinya foto yang kamu pilih akan ditampilkan dalam ukuran kecil, jangan gunakan foto yang mempunyai detail terlalu kecil.
Saat kamu scroll ke bawah, kamu akan menemukan beberapa detail lain, yaitu durasi penayangan iklan. Tentukan seberapa lama iklanmu akan tayang. Ingat, semakin lama iklanmu tayang, tentu akan memengaruhi seberapa banyak kunjungan di websitemu.
LAKUKAN PEMBAYARAN
Usai mempersiapkan informasi yang akan kamu iklankan, Facebook akan menentukan jumlah tagihan yang perlu kamu bayarkan. Pada contoh di bawah ini, penayangan iklan selama satu minggu menghabiskan biaya sekitar Rp500 ribu dengan tarif per hari sekitar Rp72 ribu. Harga yang ditampilkan berbeda-beda tergantung informasi apa saja dan iklan apa yang akan kamu tampilkan di halaman Facebook.







Jika kamu sudah selesai menentukan informasi hingga perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, klik “Promosikan” agar dapat lanjut ke cara pembayaran. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui pembayaran debit atau kredit. Berikut ini adalah bank yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran Facebook Ads.








KESIMPULAN

Setelah membaca dan memahami artikel ini, kamu telah mendapat info penting mengenai Facebook Ads, seperti apa manfaatnya bagi bisnismu, dan bagaimana cara memasang iklannya. Saat websitemu mendapat banyak kunjungan hingga dapat meningkatkan traffic, pastikan websitemu sudah memenuhi standar keamanan sehingga tidak lelet atau eror saat melayani pengunjung dengan memastikan bahwa websitemu sudah berlangganan hosting. Selamat mengembangkan bisnis semoga berhasil!

Catatan
Yang lebih utama kalian wajib memiliki Halaman Facebook dan website ber domain seperti .com, .store dll agar tidak menyalahi kebijakan penguna. untuk berlangganan domain dan mendapatkan discound klik DAFTAR dan masukan code discound domain dan hosting berikut a-DISCOUND0087. Hosting Murah, Hosting dan Domain Murah

Post a Comment

0 Comments