Ad Code

CARA MENGAITKAN INFORMASI PAJAK DI GOOGLE ADSENSE

 CARA MENGAITKAN INFORMASI PAJAK DI GOOGELE ADSENSE

Sebagian orang sangat bermimpi menjadi Youtuber dan mendapatkan profit dari kanal tersebut, teteapi ada beberapa aturan atau kebijakan yang diberikan plafon payment Adsense guna menata para konten creator nya. Penghasilan sebagai creator Youtube dan Blogger di website memang menggiurkan sekali, dengan hanya membuat dan mengunggah konten kita bisa menghasilkan uang dari para penonton dan pengujung yang melihat iklan diantara konten yang kita upload itu.

Tahun 2021 ini ada pembaharuan atau kebijakan dari adsense yang akan melakukan pemotongan pajak bagi semua creator Youtuber dan Website yang terkait ke akun Adsense yang berada di luar Amerika Serikat.

Youtube dan Adsense mulai meminta untuk mengirimkan informasi pajak yang relevan di panel Adsense paling lambat 31 Mei 2021 sehingga pihak Google bisa menentukan berapa besaran pajak yang akan dipotong dari akun Adsense kalian.

Lalu bagaimana jika kita tidak memberikan informasi pajak setelah lewat batas tanggal tersebut ? Google akan memotong penghasilan sebesar hingga 24% dari total penghasilan konten kreator, nah cukup besarkan?

Lalu bagaimana caranya mengaitkan informasi pajak di akun adsense berikut langkah – langkah mengaitkan informasi pajak kalian.

Pertama dan yang paling utama, kalian masuk ke URL adsense pada link berikut https://www.google.com/adsense

Pada saat sudah login akan muncul peringatan atau notifikasi pada gambar di bawah, kalian hanya ckup klik Manage tax info

Kemudian pilih Menu : Payments >> Settings >> Manage Tax Info

Pada form ini, tekan “Add Tax Info” yang warna biru

Setelah itu pilih “Individual” dan “No”

Pada bagian ini kamu pilih sesuai dengan kebutuhan apakah sebagai individu atau non individu.

Kalo disini saya memilih individu, karena akun adsense yang saya miliki tidak terkait dengan lembaga manapun.


Pada form ini kalian pilih Form W-88EN yang biasa digunakan oleh Individu Non-US


Pada form ini, isi Nama Lengkap Kalian ingat nama ASLI ya
Kosongkan kolom DBA
Pilih Negara: INDONESIA
Tax Payer Identification Number: Isi dengan NPWP anda, jika tidak punya? Kosongkan. tapi untuk proses percepatan disetujui usahakan kalian sudah memilii no wajib pajak ya, biarnanti kita bisa meyumbang pajak ke negara kita 😁

Pada bagian Address/alamat, Pilih Negara: Indonesia
Kemudian isi lengkap Alamat, Kota, Provinsi dan Kode Pos kemudian centang pada bagian Mailing Address yang menyatakan bahwa alamat surat menyurat adalah sama dengan alamat tinggal anda.


Lanjut ke bagian Tax Treaty,
Pilih YES dan centang “Resident of country claiming treaty with the US“Negara kita merupakan salah satu negara yang punya perjanjian pajak dengan US yang bisa membebaskan kita dari potongan pajak oleh US jika target audience kita memang berasal dari luar US.




Pada bagian ini, saya mencentang “Services” karena berhubungan dengan Adsense dan centang bagian bawahnya yang menyatakan bahwa kita tidak melakukan kegiatan yang berlokasi di US.

Pada bagian Certification, isi Nama Lengkap anda dan pilih YES jangan Oyes 😂



Di halaman berikutnya anda akan ditanyakan apakah melakukan kegiatan di US ?
Jawab NO dan centang sesuai gambar dibawah ini:

Setelah menekan tombol Submit, maka form akan terkirim.

Nah jika sudah diisi semua taraaaa! Berhasil deh Selamat informasi pajak di Adsense kamu sudah terupdate dan bisa tenang karena pencairan berikutnya tidak akan dilakukan pemotongan pajak sebanyak 24% dari penghasilan. Tapi ingat kamu tetap harus melaporkan penghasilan kamu ke Dirjen Pajak di tempat atau kota kalian jika memang kamu memiliki NPWP. Tapi jika kalian belum punya NPWP sebaiknya daftar dulu ya? toh pajak yang kamu bayar ke negara kita bisa balik lagi ke kita juga kan 😅. 

Jika kalian mau daftar NPWP bisa lewat online loh di  www.pajak.go.id

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, salam Edukasi

Post a Comment

0 Comments