Pseudocode

 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN


Pada materi materi satu, yaitu Algoritma dan pada kesempatan ini, masuk pada materi dua, yaitu Pseudocode, untuk menggali pemahaman mendalam kalian pemahaman kalian, belajar dan simak penjelasan penjelasan berikut.

2. Pseudocode

Pseudocode secara harfiah berarti 'kode semu'. Maksudnya, pseudocode adalah sebuah cara penulisan program yang informal dan dapat dibuat dengan kaidah yang ditentukan sendiri. Dengan kata lain, pseudocode merupakan urutan logika yang bertujuan untuk dipahami manusia dengan mudah Fungsi Pseudocode. Pseudocode sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan penulisan program, membantu dalam memecahkan masalah, serta mempersingkat waktu coding

Pseudocode (kode semu atau kode pseudo) adalah suatu bahasa buatan manusia yang sifatnya informal untuk merepresentasikan algoritma. Pseudocode dibuat untuk menutupi kekurangan diagram alir dalam merepresentasikan konsepkonsep pemrograman terstruktur. Pseudocode memungkinkan representasi langkah-langkah yang lebih detail dan dekat dengan bahasa pemrograman. Karena sifatnya yang informal, tidak ada aturan khusus dalam standar notasi yang dapat digunakan. Akan tetapi, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan, yaitu satu baris untuk satu pernyataan (statement) dan pentingnya indentasi dalam menuliskan pernyataan. Indentasi ada untuk hierarki dari pernyataan. Misalnya, untuk menunjukkan bahwa suatu pernyataan merupakan bagian dari sebuah struktur kontrol keputusan atau struktur kontrol perulangan. Keempat diagram alir pada bagian sebelumnya dapat ditulis dalam bentuk pseudocode sebagai berikut.









Setelah selesai menyusun suatu algoritma, barulah suatu program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ada banyak bahasa yang dapat digunakan, misalnya bahasa C yang digunakan pada unit ini dan bahasa Python yang digunakan pada unit analisis data.

Post a Comment

0 Comments