Ad Code

Peryataan Umum Teks Prosedur

PERNYATAAN UMUM TEKS PROSEDUR


A. Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Di dalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Misalnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet. Nah, pada teks tulisan tersebut akan terdapat cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan wajah yang putih bersih seperti yang kamu inginkan. Cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar si pembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan.

B. Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

C. Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur terdiri atas tiga jenis, yaitu teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol.

Berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis teks prosedur

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya terdiri atas 2-4 langkah saja dalam melakukannya. Contohnya, cara login facebook, membuka WA, twitter, instagram, dan sebagainya.

Contoh :

Cara Membuat Akun Instagram di Hp Android

Instagram adalah aplikasi untuk berbagi foto atau video. Di dalam Instagram banyak konten-konten mernarik yang harus diketahui. Pada zaman sekarang ini instagram sangat populer di semua kalangan.

Akun Instagram dibedakan menjadi 2 yaitu Instagram lewat pc, laptop dan android. Lalu bagaimana cara membuat akun instagram di hp android? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama-tama cari di playsote dengan mencari instagram lalu install. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.android
  2.  Klik pasang tunggu sebentar klik buka.
  3. Klik sign up/Daftar.
  4. Isi data Anda dengan baik dan benar.
  5. Lalu Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram dengan Facebook.
  6. Pada tahap ini Anda diminta mengikuti group, promosi atau orang yang Anda kenal.
  7.  Akun Anda berhasil dibuat.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi banyak langkah dalam melakukannya. contohnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan KTP, pembuatan paspor, dan sebagainya.

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur kompleks, antara lain sebagai berikut:

Proses Membuat e-KTP

  1. Ambil nomor antrean
  2. Tunggu pemanggilan nomor antrean
  3. Menuju ke loket yang ditentukan
  4. Entry data dan foto
  5. Setelah pembuatan KTP selesai
  6. Penduduk datang ke tempat pelayanan membawa surat panggilan
  7. Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan database
  8. Foto (digital)
  9. Tandatangan (pada alat perekam tandatangan)
  10. Perekaman sidik jari (pada alat perekam sidik jari) & scan retina mata
  11. Petugas membubuhkan TTD dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tandabukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto tandatangan sidikjari.
  12. Penduduk dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil proses pencetakan 2 minggu setelah Pembuatan. (tetapi proses pembuatan e-ktp sekarang bisa ditunggu dengan catatan tidak melalui calo ya)

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. misalnya, jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukkan air panas ke dalam wadah yang berisi mie lalu memasukkan bumbu.

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur protokol, antara lain sebagai berikut:

Cara Mematikan Komputer

Sesudah selesai menggunakan komputer maka mesti dimatikan terlebih dahulu supaya tidak menyala terus. Sama halnya dengan prosedur dalam menyalakan komputer, kemudian untuk cara mematikan komputer juga membutuhkan prosedur agar komputer tak cepat mengalami kerusakan. Ikuti untuk tahap-tahap yang benar pada berikut ini:

  1. Tutuplah seluruh aplikasi atau program yang masih aktif.
  2. Tekan tombol “Start” dengan menggunakan mose pada desktop.
  3. Tekan menu “Turn off komputer”
  4. Di kotak dialog “Turn off komputer”. tekan tombol power monitor.
  5.  Diamkanlah untuk beberapa saat sampai komputer mati.
  6. Klik tombol off di monitor dalam memadamkan monitor.
  7. Cabutlah kabel listrik pada jala-jala listrik.
  8. Tutuplah dengan menggunakan penutup.

D.  Ciri-ciri Teks Prosedur

  1. Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).
  2. Menggunakan kata kerja aktif.
  3. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
  4. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.

E. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur

Kegiatan mengontruksi berkaitan dengan mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur, yakni kegiatan menelaah teks prosedur untuk menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.

F. Pernyataan Umum dalam Teks Prosedur

Pernyataan umum atau penjelasan umum atau bisa disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur ialah tulisan yang berisi tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai jika seseorang mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut. Sementara itu, tahapan-tahapan ialah prosedur yang harus/wajib diikuti agar mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat.

Contoh peryataan umum

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

“Paragraf pertama teks ini berisi tentang pernyataan umum mengenai mencuci tangan yang berisi tujuan dalam melakukan mencuci tangan serta alasan-alasannya”.



Referensi
Bahasa Indonesia : Buku siswa kelas 11/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Indri Anatya Permatasari, M.Pd. : Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia.. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN, 2020

Post a Comment

0 Comments