Ad Code

Belajar dari Biografi Bagian 1: Menelaah Teks Biografi dan Mengungkapkan Kembali Keteladanan Teks Biografi

BELAJAR DARI BIOGRAFI

A. MENELAAH TEKS BIOGRAFI

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dalam biografi disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman,  sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Coba kamu buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan carilah pengertian biografi.

Umumnya, biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang telah berperan besar dalam suatu hal yang menyangkut kehidupan orang banyak. Membaca sebuah biografi akan memperkaya wawasan dan sebagai teladan agar dapat menjalani kehidupan dengan baik dan mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat, tentunya hal itu tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

1. Mengidentifikasi Ciri Teks Biografi Berdasarkan Isinya

identifikasi/penelaahan yang artinya meneliti, menelaah. Maka identifikasi dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data. Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua) macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang sifatnya tidak mendesak.

Fungsi dan tujuan identifikasi kebutuhan program untuk mengetahui berbagai masalah atau kebutuhan program yang diinginkan masyarakat. Untuk mengetahui berbagai sumber yang dapat dimanfaatkan untuk pendukung pelaksanaan program dan mempermudah dalam menyusun rencana program yang akan dilaksanakan.

Fungsinya agar program yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data yang dikumpulkan dapat digunakan sebagai dasar penyusunan rencana program yang dapat dipengaruhi pengelola program. Sebagai bahan informasi bagi pihak lain yang membutuhkan.

Di bawah ini merupakan ciri dari teks biografi

Ciri - Ciri Teks Biografi

  • Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi;
  • Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan;
  • Teks biografi memiliki struktur yang jelas

Agar dapat mengidentifikasi teks biografi yang dibacakan dengan baik, perhatikan lahkah - langkah berikut :

  1. Berkonsentrasilah untuk mendengarkan teks biografi yang akan didengarkan agar dapat mencatat pokok-pokok permasalahan;
  2. Untuk membantu kalian dalam menangkap gagasan, kalian dapat menuliskan informasi penting yang kalian dapat selama mendengarkan;
  3. Sebelum mendengarkan biografi, kalian dapat menyiapkan  pertanyaan umum. Misalnya:

  • Siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?
  • Permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?
  • Bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahannya hingga mencapai keberhasilan?
  • Apa yang menarik dari tokoh tersebut?
  • Hal apa yang dapat diteladani dari tokoh tersebut?
  • Mengapa teks tersebut disebut biografi?
  • Dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya seperti cerpen dan cerita rakyat? dan pertanyaan lainnya.
2. Mengidentifikasi Struktut Teks Biografi

Teks biografi termasuk ke dalam teks narasi. Oleh karena itu, struktur teks biografi juga sama dengan teks cerita ulang lainnya seperti cerpen dan hikayat yang sudah dipelajari pada semester satu.

Berikut Merupakan Struktur Teks Biografi
  1. Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana;
  2. Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya;
  3. Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional/pilihan, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.
Contoh analisis struktur teks biografi B.J. Habibie

3. Menemukan Pola Penyajian Karakter Unggul Tokoh dalam Biografi

Pola penyajian teks biografi dapat dilihat dari alurnya, sudut pandang penceritaan, gaya penceritaan, dan fokus penceritaan. Kalian juga dapat mencoba menyajikan pola penyajian teks naratif dari sudut pandang yang lain, misalnya dari segi penggunaan bahasanya.
Maka Pola Penyajian Biografi dapat didefinisikan sebagai Cara penyampaian atau persentasi  tentang kisah dan keterangan mengenai kehidupan seseorang /kisah riwayat hidup.

Berikut merupakan Pola penyajian Teks Biografi

  • Alur cerita, merupakan runtutan cerita  dari masalalu menuju masa sekarang ataupun sebaliknya sesuai keinginan.
  • Sudut pandang tokoh, yang digunakan yaitu orang kedua. Jika orang pertama itu dinamakan autobiografi.
  • Gaya penulisan, menggunakan pilihan kata yang jelas tentang periode, sekolah, bangsa dan lain-lain.
  • Fokus penceritaan yaitu hal-hal yang akan ditonjolkan oleh penulis seperti penghargaan, dan lain sebagainya.


B. MENGUNGKAPKAN KEMBALI KETELADANAN TEKS BIOGRAFI

Pada bagian ini, kalian akan mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi atau novel yang dibaca kembali secara tertulis.

1. Menuliskan Kepribadian Unggul  yang Dapat Diteladani dari Tokoh Biografi

Tokoh yang riwayat hidupnya ditulis dalam biografi biasanya memiliki kepribadian unggul, dibandingkan orang lain.  Kepribadian unggul  inilah yang biasanya mampu mengantarkan seseorang mencapai keberhasilan dalam kehidupannya. Untuk dapat mengidentifikasi kepribadian unggul seseorang, kita dapat melihat dari peristiwa/permasalahan yang dialami seseorang serta bagaimana cara menghadapi semua peristiwa/permasalahan itu.

Berikut ini contoh mengidentifikasi kepribadian unggul yang dimiliki oleh B.J. Habibie


2. Menjelaskan Cara Meneladani Karakter Unggul Tokoh dengan Menggunakan Teks Eksposisi

Salah satu ciri cerita ulang adalah cerita tersebut  didengarkan dan dibaca berulang kali karena kebermanfaatannya sangat dirasakan. Salah satu kebermanfaatan teks biografi adalah pendengar atau pembaca dapat meneladani karakter unggul tokoh dalam biografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut contoh menjelaskan meneladani karakter unggul tokoh dalam biografi B.J. Habibie


Jika artikel ini bermanfaat bagi kalian silahkan bgikan ke sosial media kamu dan ikuti halaman www.Facebook/Puri Edukasi. Terika Kasih.

 Materi Terkait :


Referensi :

 Bahasa Indonesia : Buku siswa kelas 10/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

      Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  SMA/MA/ SMK. Jakarta: Yrama Widya.
    
       Kusmana, Suherli. 2011. Merancang Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.
     
     Samsuri. 1991. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.




Post a Comment

0 Comments